Bibit Durian

Cara Menyemai Bibit Buah Durian

Menyemai bibit durian bukanlah hal yang sulit. Meski juga tidak bisa dikatakan gampang. Karena karakter khusus durian yang lebih cocok dengan cuaca dingin dan sedang, maka tidak setiap cara tanam bisa dilakukan semua tempat. Terutama yang di daerah rendah dengan kondisi cuaca yang panas. Oleh karena itu untuk Anda yang tinggal di dataran rendah dan panas seperti pesisir utara, ada kiat-kiat khusus agar penyemaian bibit durian anda bisa bagus.

Tips Menyemai Bibit Durian dari Biji

Jika anda ingin menyemai bibit durian dari biji, maka pastikan jarak antara biji dikupas dengan penanaman di tanah tidak lama. Jangan biarkan biji durian yang anda akan semai kering. Karena kemungkinan besar biji itu tidak akan bisa tumbuh. Biji durian sangat rentan akan cahaya matahari dan suhu yang panas. Ketika menanam ke dalam tanah pastikan juga titik pusatnya biji menghadap ke bawah. Dari sanalah yang nanti akan tumbuh akar. Dengan menghadapkannya ke bawah, akar yang tumbuh akan kuat untuk menopang batang kemudian.

Setelah bibit disemai, siapkanlah tempat yang teduh untuk meletakannya. Dalam hal ini Anda bisa mencari posisi di sekitaran rumah yang tidak terkena panas matahari secara langsung. Sangat dianjurkan untuk membuat tempat khusus yang beratap guna melindungi bibit tersebut. Siramlah bibit secara berkala sehingga tumbuh tunas dan daun.

Teliti dalam membeli bibit durian

Tempat khusus ini juga berlaku untuk Anda yang membeli bibit di toko atau agen penjual bibit durian. Untuk satu bulan pertama, perawatan bibit durian mesti dilakukan dengan teliti. Pembersihan akar-akar yang menyembul dari polibag juga perlu dilakukan. Hal ini dilakukan untuk menyeleksi agar akar yang tumbuh bisa lebih rapi. Tambahkan juga anti-hama agar pertumbuhan bibit tetap terjaga.

Perawatan ini mesti dilakukan secara berkala hingga bibit bisa ditanam di pekarang atau ladang terbuka. Sebelum pohon dewasa, bibit durian tidak boleh terpancar sinar matahari secara langsung. Hal ini sangat berbahaya untuk daun-daun muda yang baru tumbuh. Karena sinar matahari langsung mampu membakar daun yang baru tumbuh tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *